Pages

July 18, 2008

Film : Indiana Jones and The Kingdom of Crystal Skull



Waaah... film lama kembali lagi neh. Ya benar! Indiana Jones 4 yang udah lama banget dibicarain orang-orang sejak zaman dulu. Ya karena dulunya film ini banyak yang suka. Terutama warga amerika. Namun bagi gua yang belum pernah menonton Indiana Jones sebelumnya yang biasa aja sih. Setelah melihat film ini cukup kagum juga melihat bagaimana kehebatan Steven Spielberg membuat sinematografi yang keren.

Ceritanya kini mengenai perebutan benda pusaka magis yaitu Tengkorak Kristal (Lihat judul! Crystal Skull.) Ya seperti biasa, Indiana jones senang menyelamatkan benda-benda yang direbut banyak orang. Why? Kenapa dia gak mencoba menyelamatkan benda yang gak direbut orang. Kan lebih mudah, gak pake capek kaya gini. Oke, musuh utama si jones bukan lagi Jerman, Secara Hitler udah koit dan suasana dunia pada waktu itu sudah berubah. Uni Soviet yang menjadi musuh utamanya. Karena setingnya diambil pada saat memasuki masa perang dingin.

Dedengkot Uni Soviet, Iriana Spalko, dimainkan dengan sangat baik oleh Cate Blenchett. Dialah yang memimpin rombongan Uni Soviet untuk merebut tengkorak kristal tersebut. Disaat yang bersamaan juga indiana jones bertemu dengan Mutt Williams (Shia Labeouf). Seorang pemuda yang hobi nyisir yang pada akhirnya membantu indiana jones untuk menemukan Tengkorak Kristal tersebut. Dia juga bertemu dengan Marion Ravenwood (Karen Allen) yang merupakan kekasihnya Indiana Jones. Bersama-sama mereka berusaha menemukan Tengkorak Pembawa masalah itu dan melakukan petualangan yang luar biasa. Seperti masuk ke kulkas saat ledakan nuklir hendak terjadi, menghindari semut-semut super duper muper raper ganes banget sekali, menuruni beberapa air terjun yang terjal, adu balapan dipinggir tebing dan lain-lain. Semua itu membuat petualangan indiana jones kali ini terasa lebih seru dan menyenangkan. Karena tidak hanya keseriusan saja yang ditampilkan, tetapi sense of humor juga diberikan disini. Oh ya jangan lupa. Disini juga diberitahukan sebuah hal yang cukup mencengangkan Indiana Jones. Mengenai Mutt. Dia ternyata adalah hasil perkembang biakan Indiana Jones dengan kekasihnya Marion.

Ceritanya menurut gua sih biasa aja. Sama seperti film-film yang lain. Berebutan mendapatkan benda antik yang pada akhirnya mereka dapatkan namun mereka tinggalkan. Namun yang menjadi nilai Plus dari film ini adalah cara perebutannya yang cukup unik dan menyenangkan. Balapan di pinggir tebing, sampe dikejar-kejar semut dan juga harus turun dari air terjun dan lain-lain. Ini yang membuat film ini menyenangkan untuk ditonton. Lagi pula alur cerita di film ini mudah untuk dinikmati. Elo gak perlu mengerutkan jidat dan pantat (?!) untuk dapat mengerti jalan ceritanya. Semuanya dikemas seenak popcorn yang kamu makan saat nonton film ini.

Segi Akting semuanya bermain baik. Si bapak Jones yang udah bangkotan masih enerjik dan lucu di film ini. Shia Labeouf yang menurut gua memiliki faktor X yang membuat aktingnya selalu enak dilihat juga bermain bagus disini. Aktingnya agak pasaran namun itu masih bisa dimaklumi. Yang paling bagus menurut gua malah sang Mama Geng, Iriana Spalko. Cate Blanchett berhasil memberikan cara bicara inggris dengan logat sovietnya. Sehingga orang semakin yakin bahwa dia adalah orang Soviet walaupun pada dasarnya bukan. Tapi yang jelas di film ini dia bermain dengan sangat baik... sangaaat baik. Pantas saja dia mendapatkan oscar, wong kualitas aktingnya aja sehebat itu.

Segi gambar. Waj si Kakek Steven Spielberg seperti biasa berhasil membuat gambar-gambar yang spektakuler. Coba liat adegan saat Indiana Jones keluar dari kulkasnya dan berjalan mendaki. Ada gambar bola api raksasa yang dasyat banget. Itu menurut gua merupakan salah satu adegan terhebat dalam film ini. Selain itu, mengingat seting film ini adalah zaman dulu. Maka gambar yang ditampilkan juga sesuai dengan jaman dulu. Coba aja perhatikan dan bandingkan dengan film lain. Atmosfir film ini—diluar dari setting dan situasinya—benar-benar terlihat sangat klasik. Ini yang membuat film ini lebih baik. Film ini walaupun buatan zaman sekarang namun dapat memberikan feel zaman Siti Nurbaya dengan baik. Beberapa adegan lain juga terlihat sangat seru, kaluar gak mau dibilang heboh. Adegan saat kejar-kejaran mobil dihutan itu cukup heboh karena adegan itu disertai dengan adu pedang dan saling tembak.

Overall. Film ini layak ditonton karena unsur hiburannya yang sangat tinggi. Lagi pula kan kita-kita anak muda belum pernah menyaksikan indina jones dibioskop kan. Liatnya Cuma di tipi-tipi. So, ini kesempatan untuk menikmati suansana indiana jones dibioskop. Dan jangan lupa, film ini juga minim unsur pornografi. Ya... walaupun ada adegan ciumannya. N\amun itu cukup beralasan kok, Bukan sekedar nyoros aja. Jadi menurut gua aman-aman aja.


Pemain
Harrison Ford, Cate Blanchett, Karen Allen, Ray Winstone, John Hurt, Jim Broadbent, Shia LaBouf
Sutradara
Steven Spilberg
Genre
Adventure
Runtime
123 Menit
Bujet
$ 125.000.000
Rating
Remaja

Score : 7 / 10
Penilaian : +3 (Emmm... mungkin gak ya Indiana Jones syuting di Indonesia. Mungkin judulnya Indiana Jones V: The Hunt For The Soeharto Treasure. Wekekekekek...!)

Related Posts...

Belum ada komentar pada Artikel : "Film : Indiana Jones and The Kingdom of Crystal Skull" | Jadilah yang pertama memberikan komentar pada postingan ini : )

Post a Comment