Pages

May 22, 2008

Film : 3:10 To Yuma



Menonton film ini sebenarnya bukan sesuatu yang pengen gua lakukan. Tadinya ini hanya sebuah film yang berhasil gua pilih sebagai menu menonton gua. Daripada gak ada yang gua tonton. Mendingan nonton film ini. Film ini gua tonton 5 menit setelah gua selesai nonton Kawin Kontrak. Jadi gua keluar dari studio 5 kemudian ke kamar mandi lalu pipis, lalu cuci tangan lalu berangkat menuju studio 6. Menonton film ini adalah sebuah tontonan iseng yang tidak pernah gua sesali. Gua malah menyesali kenapa film ini gua jadikan tontonan iseng-iseng dikarenakan betapa bagusnya film ini.

3:10 To Yuma adalah sebuah film dengan genre yang sudah jarang sekali dibuat filmnya. Film ini bergenre Western Movie yang identing dengan berkuda, bersenjata, adu tembak, dan padang pasir. Oh tidak lupa dengan tumbuh-tumbuhan kaktus yang selalu menjadi figuran tak terbayar.

Film ini mengisakan tentang penangkapan seorang penjahat ganas bernama Ben Wade (Russell Crowe) yang pernah meraja rela dikawasan Southern Railroad. Kemudian Dan Evans (Chritian Bale) menawarkan diri untuk menjaga dan membantu memindahkan Ben Wade yang sudah tertangkap menuju ke stasiun kereta untuk dibawa dengan kereta untuk disidang. Namun sayangnya berjalan dalam mengantarkan penjahat paling ganas tersebut tidaklah mudah. Anak buah Ben Wade terus berusaha menemukan bosnya dan ingin melepaskannya.

Cerita dari film ini memiliki beberapa konsentrasi. Yang pertama adalah mengenai usaha pemindahan bos ganas tersebut kekereta dan hubungan yang baru terbuat antara Ben Wade dengan Dan Evans. Secara tak langsung dan tanpa disadari mereka saling bercerita mengenai masa lalu mereka. Sehingga timbul rasa iba antara satu dengan yang lainnya. Konsentrasi lainnya adalah mungkin penonton dipojokan sedang membuat filmnya sendiri. Hihihi dasar calon pemain bokep gadungan. Belum lagi bergolakan seorang remaja yang tidak lagi ingin dikekang dan hidup bagaikan katak dibawah tempurung. Semuanya membuat cerita ini menjadi lebih berisi dan tidak terkesan kacangan, disamping dengan tingkat ketegangan yang disajikan lumayan baik.

Segi akting. Dua pemain utama dalam film ini boleh dibilang sudah hebat lah sebagai aktor. Russell Crowe pernah mendapatkan oscar sementara Christian Bale telah bermain bagus dan film Batman Begins, yang dipuji banyak orang. Dalam film akting mereka terlihat alami dan tidak sedikitpun ada kesan dibuat-buat. Pemilihan kedua aktor ini memang cukup bagus mengingat dari tujuan film ini dimaksudkan bukan film yang mengandalkan aksi tembak menembak saja. Namun juga kekuatan cerita yang terkandung didalamnya.

Pengambilan Gambar, nuansa western yang ditampilkan disini terasa nyata. Pemilihan setting, lokasi dan situasi yang dibuat disini benar-benar menegaskan bahwa film ini berseting zaman seperti itu. Gambar yang diambil dalam film ini walaupun tidak penuh dengan sinematografi indah namun berhasil menyajikan nuansa mencekam dan ketegangan yang baik. Hampir sulit bagi gua untuk mencari kelemahan dalam film ini. Mungkin yang menjadi kelamahan dalam film ini adalah adegan awalnya yang rasanya tidak memiliki hubungan dengan inti dari film ini. Apa hubungannya pembakaran kandang kuda akibat banyaknya hutang dengan usaha pengawalan pengantaran tahanan ke stasiun kereta. Karena tanpa adegan itu inti dari film ini tidaklah berubah.

Overall film ini tidaklah mengecewakan jika di tonton. Film ini memberikan banyak sekali pelajaran dan pesan. Seperti bahwa orang jahat pasti memiliki hati walaupun hanya sedikit. Dan seorang ayah pastilah tidak akan menurunkan wibawanya didepan anak-anaknya. Selain itu bagi yang suka film-film bertema western film ini boleh jadi sebagai antibiotik atas deman kangen western yang sedang anda hadapi. Karena disamping anda mendapatkan tema film yang anda suka. Ceritanya pastilah bakalan anda suka.

Pemain
Russell Crowe, Christian Bale, Logan Lerman, Ben Foster, Peter Fonda dan para kuda.
Sutradara
James Mangold
Genre
Western
Runtime
117 Menit
Bujet
Pastinya diatas US$ 10.000.000,-
Rating
Remaja

Score : 7.5 / 10
(Ditangan Shankar RS, film ini pasti akan menjadi sangat buruk dan mengerikan. Dan kemungkinan besar judulnya akan diganti. Menjadi 12.10 To Kamar Mayat. Oh my God!)

Related Posts...

Belum ada komentar pada Artikel : "Film : 3:10 To Yuma" | Jadilah yang pertama memberikan komentar pada postingan ini : )

Post a Comment